logo pengadilan negeri subang website ramah difable

Pengadilan Negeri Subang Dan Kejaksaan Negeri Subang Gelar Seminar Bersama “SDM Di Atas Garis”

10Feb

Ditulis oleh ADMIN

 

Subang, 10/02/2020

Penggadilan Negeri (PN) Subang Kelas I B bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang menyelenggarakan kegiatan bersama Seminar sehari “SDM Di Atas Garis, Untuk Mewujudkan Layanan Publik Yang Berkualitas Bagi masyarakat Pencari Keadilan”  bertempat di Ruang Sidang PN Subang, 10/02/2020, dengan Narasumber Motivator Sabam Sopian Silaban.

 

 

Acara dipimpin oleh Subiar Teguh Wijaya, S.H. selaku Ketua Panitia, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Subang Rio Sembiring, S.H. selaku Wakil Ketua Panitia.

Sambutan Ketua Pengadilan Negeri Subang Bapak R. Hendral, S.H.,M.H

Acara tersebut dibuka oleh Ketua PN Subang R. Hendral, SH.,MH, dihadiri Kajari Subang M. Ihsan, SH, Kalapas Subang Kusnali A.Md.I.P, S.Sos,MH, Kabapas Subang Tendi Kustendi, Para Hakim, Para Kepala Seksi dan seluruh Jaksa Kejari Subang, Kasat Reskrim Polres Subang dan Para Perwira Polres Subang dan mewakili kepala BPS Subang.

Mengawali sambutannya, Ketua PN Subang, R. Hendral mengatakan, pembinaan SDM masuk dalam satu area pembangunan Zona Integritas, maka sangat diperlukan adanya Brainstorming  melalui kegiatan ini. Diharapkan setiap insan di Pengadilan maupun Kejaksaan termasuk Kepolisian dapat disegarkan melalui materi yang disampaikan oleh Sabam Sopian Silaban. “Kegiatan ini sangat bernilai positif, tentunya sangat membantu pimpinan dalam memimpin baik Pengadilan maupun Kejaksaan” tegas Hendral yang diamini oleh semua peserta.

 

Sambutan Kepala Kejaksaan Negeri Subang Bapak M. Ihsan, S.H.

Kejari Subang, M. Ihsan dalam sambutannya mengatakan, sangat senang memiliki sahabat KPN dan WKPN Subang yang bisa bekerja sama dengan baik, dan menginisiasi kegiatan ini bersama dengan Kejari Subang. Koordinasi kedua intansi ini tidak saja terkait dengan masalah Criminal Justice Sistem (CJS) tetapi kegiatan ini adalah bukti adanya hamonisasi di antara kedua lembaga penegak hukum di Subang. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena berbicara tentang SDM di atas Garis, artinya SDM di atas rata-rata, karena saat ini kita harus berpacu dengan kemajuan teknologi di jaman generasi milenial ini” ujarnya.

Derman P, Nababan, WKPN Subang bertindak selaku Moderator, membacakan CV Pembicara Sabam Sopian Silaban,  seorang Trainer dan Motivator Muda, seorang Penulis Kreatif  Buku Siswa di Atas Garis, Buku Di Atas Garis dan Pribadi Di Atas Garis. Dalam kesimpulannya Derman menyampaikan bahwa Aparat Penegak Hukum harus menaikkan level SDM mrnjadi excellent, yang muaranya untuk peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat pencari keadilan.

Riset Bank Dunia (World Bank) tahun 2018 menempatkan Indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Index/HCI) Indonesia pada peringkat 87 dari 157 negara, dengan nilai 0.53, tertinggal dari Singapura 0.88, Malaysia 0.62, Vietnam 0,67, Thailand 0.60 dan Pilippina 0.55.  Maka dalam pada itu dalam era Industri 4.0 ini, diperlukan adanya peningkatan kualitas SDM dari aparatur Penegak Hukum, sehingga tidak gagap dalam memberikan layanan kepada masyarakat pencari keadilan, tegas Derman membacakan kesimpulan seminar tersebut.

Acara ini berlangsung dengan baik, dimana Sabam menyampaikan materi presentasi penuh humor membuat peserta banyak tertawa. Rasanya waktu 2 (dua) jam yang dipergunakan Sabam terlalu singkat, mengingat pentingnya hakekat SDM Di Atas garis, penting, bukan hanya buat penyelesaian tugas di kantor tetapi buat pengembangan pribadi (self building) dan pengembangan karakter seseorang dalam hidupnya.

 

Pembagian  Sertifikat oleh Kajari Subang M.Ihsan kepada Ibu Ratih Kusuma Wardani Hakim PN Subang dan oleh WKPN Subang kepada Seorang Jaksa Kejari Subang. Sedangkan KPN Subang memberikan Cendramata kepada Pembicara Sabam Sopian Silaban, ditutup dengan doa dan ramah tamah.

Usai acara dilakukan sesi foto bersama